Halaman

  • Laboratorium bahasa SMA Negeri Jumapolo Karanganyar
  • Lailla anakku akan lomba DrumBand di UNS Solo
  • Saat sedang mengikuti TOT di Bandungan - Semarang
  • Seseorang yang selalu ada setiap aku membutuhkan, dia adalah istriku

11 Juli 2012

MENGENAL KURVA SEBAGAI OBJECT DASAR

Menggambar dengan menggunakan object dasar membuat seni desain menjadi terarah dan mudah dilakukan, dalam hal ini grafik yang dijadikan object dasar adalah, kotak, garis, lingkaran, elips. Konsep ini tidak mengenal batasan dan berkembang sesuai dengan kreatifitas dan kemampuan individu masing-masing. Tetapi sebelumnya kita harus mempu membuat grafik yang dijadikan material/object dasar, antara lain


A. Kotak/ Segi Empat

Cara membuatnya, arahkan pointer/mouse pada Toolbox ==> klik Ractangle tool (F6) kemudian arahkan mouse pada lembar kerja lalu drag mouse sehingga membentuk persegi panjang.


Drag adalah menekan tombol kiri mouse tanpa dilepas sambil menggeser ke arah yang kita tentukan. Kita juga bisa membuat sudut tumpul pada pojok segi empat tersebut dengan cara klik Shape tool pada Toolbox kemudian klik salah satu node pada salah satu sudut lalu drag ke arah bawah

Adapun pilihan pada Property Bar meliputi : Round Corner, Scalloped Corner, Chamfered Corner


B. Elips

Membuat Elips dilakukan dengan mengarahkan mouse pada Toolbox, dan klik Ellipsse tool (F7) kemudian arahkan mouse pada area kerja lalu drag ke kanan bawah untuk membuat object Elips. Untuk membuat lingkaran harus dengan menekan tombol Ctrl di keyboard.


Untuk membuat Pie dan Arc, biasanya ini sering digunakan apabila kita membuatn desain arsitektur, caranya sebagai berikut :
Membuat Pie, Klik Shape Tool (F10) arahkan mouse pada node di atas object lingkaran. 


C. Polygon

Membuat polygon dilakukan dengan mengarahkan pointer mouse pada Toolbox, dan klik Polygon tool (Y) kemudian arahkan mouse pada area kerja lalu drag ke kanan bawah untuk membuat object Polygon.


Untuk membuat Polygon segi lainnya, segi tiga misalnya, caranya di Property Bar letakkan anga 3 pada Points or sides.

Membuat gambar object bintang bisa dilakukan dengan Polygon tool, caranya dengan tekan Ctrl di keyboard drag ke atas pada salah satu node


D. Kurva Bebas

Kurva bebas merupakan grafik hektor yang paling dasar, kurva bebas disebut juga kurva tidak beraturan, sedangkan kurva atau grafik-grafik beraturan seperti kotak, lingkaran dan polygon bisa dibuat menjadi kurva bebas dengan syarat terlebih dahulu harus melakukan Convert to Curva atau tekan Ctrl + Q di keyboard

Karena sifatnya yan bebas kurva ini sering dijadikan alternatif, cara membuat kurva ini adalah: arahkan mouse ke Freehand tool (F5) pada toolbox, kemudian arahkan mouse para area kerja. Cara menggambar dengan freehand tool (F5) ada dua cara, yaitu dengan point per point atau dengan draging.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar