Halaman

  • Laboratorium bahasa SMA Negeri Jumapolo Karanganyar
  • Lailla anakku akan lomba DrumBand di UNS Solo
  • Saat sedang mengikuti TOT di Bandungan - Semarang
  • Seseorang yang selalu ada setiap aku membutuhkan, dia adalah istriku

11 Juli 2012

JENIS PORT DAN FUNGSINYA

 Agar lebih memahami tentang jenis dan fungsi port yang ada pada komputer, lebih baik kita mengenal apa yang ada di dalam CPU (Central Processing Unit). Dengan mengetahui perangkat yang ada di dalam CPU kita akan tahu bahwa port ini tersambung atau terhubung dengan perangkat apa yang ada di luar CPU.
Apabila CPU kita buka, maka kita akan mendapatkan beberapa perangkat yang ada di dalamnya, diantaranya adalah :


1.       Motherboard
Motherboard atau papan induk atau papan utama yangterletak di dalam CPU. Motherboard ini berfungsi sebagai papan utama, artinya semua komponen dalam komputer akan terhubung dengan motherboard ini. Pada motherboard terdapat beberapa soket dan slot tempat untuk memasang komponen komputer.


2.       Processor
Processor merupakan otak dari komputer itu sendiri. Semakin baik spesifikasi prosesor yang ada di dalam CPU semakin baik dan cepat pula akses komputer itu.


3.       RAM
RAM (Random Acces Memory) merupakan media untuk menyimpan sementara. Artinya data akan hilang dari ingatan memory apabila komputer mati. Selain menyimpan sementara RAM juga akan menambah kecepatan akses komputer. Semakin besar memory yang dimiliki komputer semakin cepat pula aksesnya.

4.       VGA Card
VGA (Video Graphic Adaptor) merupakan kartu yang menghubungkan antara monitor dengan CPU komputer. Semakin tinggi spesifikasi VGA maka akan semakin baik pula gambar yang dihasilkan pada monitor.

 
5.       Sound Card
Merupakan kartu yang menghubungkan antara CPU dengan perangkat audio, seperti microphone, line in dan line out speaker. Dengan adanya sound card kita dapat mendengarkan musik melalui komputer.


6.       Lan Card
Lan Card adalah kartu jaringan. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan CPU satu dengan CPU yang lain melalui jaringan lokal.

 
Apabila kita amati, maka setiap perangkat di atas pada bagian belakangnya terdapat lubang, lubang itulah yang dinamakan port. Port-port itu dapat kita lihat di bagian belakang CPU. Jenis port tersebut adalah :

 
Dan apabila kita lihat CPU pada bagian depan amaka kita juga akan mendapatkan beberapa bagian penting yang ada di bagian depan CPU, diantaranya adalah :

1.       CDRom atau CDRW, merupakan tempat meletakkan compac disk (CD)

2.       Floppy Disk Drive, digunakan untuk memasukkan floppy disk agar dapat dibaca oleh CPU

3.       Tombol Power, digunakan untuk menghidupkan komputer secara dingin (cold boot)

4.       Tombol Reset, digunakan untuk menghidupkan komputer secara panas (warm boot).

5.     USB Port, digunakan  untuk  menghubungkan  CPU dengan printer, scanner, speaker yang menggunakan kabel USB.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar